Pages

Sabtu, 04 Februari 2012

Hitung berapa gram Kalsium Klrorida (CaCl2) maksimal yang dihasilkan jika sebanyak 20 gram Asam Klorida (HCl) dicampurkan dengan 30 gram Kalsium Hidroksida, (Ca(OH)2) (kedua zat tersebut dilarutkan dalam air berlebih)!
Kedua pereaksi pada contoh di atas diberikan dalam satuan massanya (gram), kita harus menentukan manakah dari kedua pereaksi tersebut yang merupakan pereaksi pembatas yaitu dengan cara memeriksanya satu persatu melalui perhitungan. Dan kita dapat menggunakan massa pereaksi pembatas untuk menghitung massa produk yang dihasilkan.
 
Pertama-tama kita bekerja dengan pereaksi pertama yaitu HCl, dan menghitung berapa gram peraksi kedua, Ca(OH)2, yang diperlukan untuk bereaksi dengan 20 gram HCl, jika diketahui massa molekul relatif HCl = 36,5 dan Ca(OH)2 = 74.
2 HCl (aq) + Ca(OH)2 (aq) → CaCl2 (aq) + 2 H2O (l)
2 mol HCl  ~ 1 mol Ca(OH)2
 
 
Dari perhitungan di atas kita mendapatkan bahwa 20 gram HCl memerlukan Ca(OH)2 sebanyak 20,27 gram, sehingga 30 gram Ca(OH)2 lebih dari cukup untuk bereaksi dengan HCl secara sempurna. Dengan demikian, yang menjadi pereaksi pembatas adalah HCl.
Kita juga akan menghitung berapa gram HCl yang diperlukan jika Ca(OH)2 yang digunakan sebanyak 30 gram.
 
 
 
Massa Ca(OH)2 yang diberikan, memerlukan lebih banyak HCl daripada yang tersedia sehingga kita benar-benar dapat mengukuhkan bahwa HCl adalah sebagai pereaksi pembatas.
Selanjutnya kita dapat menghitung massa CaCl2 yang dihasilkan dari massa HCl yang diketahui. Dari persamaan reaksi kita mengetahui bahwa:
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar